1. Pengertian hubungan internasional menurut Restra (Rencana Strategi Pelaksanaan Politik Luar Negeri Indonesia) adalah....
a. studi tentang keadaan yang relevan yang mengelilingi interaksi
b.
hubungan antar bangsa dalam segala aspeknya yang dilakukan oleh suatu
negara untuk mencapai kepentingan nasional negara tersebut
c. studi tentang interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu
d. hubungan antar bangsa dan kelompok –kelompok bangsa dalam masyarakat
e. studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi
2. Hubungan Internasional atau hubungan antar bangsa dapat berupa hubungan antara....
a. orang per orang
b. kelompok orang
c. negara
d. orang per orang atau antar kelompok
e. orang per orang, kelompok, atau antar negara
3.
Dorongan mengadakan hubungan internasional akibat hukum alam bahwa
suatu negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dari negara lain
merupakan faktor....
a. eksternal
b. internal
c. internal dan eksternal
d. ekonomi
e. politik
4.
Tugas perwakilan diplomatik adalah mewakili negaranya. Selain itu
perwakilan diplomatik juga dapat melakukan protes dan mengadakan
penyelidikan pertanyaan dengan pemerintah negara penerima. Tugas ini
biasa disebut....
a. negosiasi
b. representasi
c. observasi
d. proteksi
e. persahabatan
5.
Agar tetap kokoh dan tidak mudah terombang ambing serta menjadi
subyek dan bukan menjadi obyek dalam percaturan internasional, bangsa
Indonesia menetapkan...
a. politik damai
b. politik luar negeri bebas aktif
c. menjadi anggota PBB
d. menentang segala bentuk penjajahan
e. ikut aktif menciptakan perdamaian dunia
6. Perjanjian internasional menurut Prof. Mochtar Kusumaatmaja adalah....
a. suatu persetujuan antar negara yang menimbulkan hak dan kewajiban bagi masing-masing negara
b. perjanjian antar subyek hukum internasional dan melahirkan kewajibang yang mengikat
c. perjanjian yang diadakan antar bangsa yang bertujuan untuk menciptakan akibat-akibat hukum tertentu
d. perjanjian yang diadakan oleh dua negara atau lebih
e. perjanjian internasional yang mengikat negara yang menandatangani
7. Penggunaan berbagai macam istilah untuk perjanjian internasional, sesungguhnya menunjukan ....
a. tingkat pentingnya perjanjian
b. keragaman isi perjanjian
c. tidak ada perbedaan
d. bentuk yang meraguakan negara-negara
e. perbedaan yang perluditegaskan
8. Tahap-tahap dalam perjanjian internasional adalah....
a. negosiasi, persetujuan dan ratifikasi
b. pertukaran nota, persetujuan dan ratifikasi
c. negosiasi, ratifikasi dan realisasi
d. negosiasi, klarifikasi dan ratifikasi
e. negosiasi, penandatanganan dan ratifikasi
9. Berdasarkan pasal 11 UUD 1945, perjanjian dengan negara lain merupakan kekuasaan dari....
a. presiden sebagai kepala negara
b. presiden sebagai panglima tertinggi
c. menteri luar negeri sebagai pembantu presiden
d. DPR sebagai lembaga legislatif
e. duta besar sebagai kepala perwakilan diplomatik
10. Salah satu bentuk perjanjian internasional adalah traktat yaitu....
a. perjanjian yang diadakan antara dua negara atau lebih
b. perjanjian yang mengikat bagi setiap negara yang menandatangani
c. perjanjian yang tidak mengikat
d. kebiasaan internasional yang mengikat seluruh peserta perjanjian
e. kebiasaan internasional yang tidak mengikat negara peerta perjanjian
11. Badan Perserikatan Bangsa Bangsa yang mempunyai lima negara anggota tetap adalah ....
a. Dewan perwalian
b. Dewan keamanan
c. Dewan Ekonomi dan Sosial
d. Mahkamah Pengadilan Internasional
e. Majelis Umum
12. Lembaga pembuat keputusan tertinggi dalam ASEAN adalah....
a. sidang para menteri non ekonomi
b. sidang para menteri ekonomi
c. sidang tahunan para menteri luar negeri
d. pertemuan para kepala negara
e. standing committe
13. Perbedaan perjanjian multilateral dan bilateral terletak pada....
a. cara berlakunya
b. objeknya
c. strukturnya
d. sifat instrumennya
e. jumlah pesertanya
14.
Pengesahan perjanjian internasional oleh negara penanda tangan
perjanjian menurut ketentuan konstitusi negara yang bersangkutan
disebut....
a. negosiasi perjanjian internasional
b. penandatanganan perjanjian internasional
c. ratifikasi perjanjian internasional
d. persetujuan perjanjian internasional
e. penerimaan perjanjian internasional
15. Dalam melaksanakan tugasnya, korps diplomatik maupun konsuler harus sejalan
ngan....
a. tata hukum Indonesia
b. kepentingan umum
c. kepentingan nasional
d. kepentingan internasional
e. hukum internasional
16. Untuk menyukseskan politik luar negeri Indonesia, maka langkah yang diambil adalah melakukan ....
a. intervensi
b. perang
c. isolasi diri
d. diplomasi
e. ratifikasi
17. Dalam mengangkat duta dan konsul Presiden RI harus memperhatikan pertimbangan....
a. Dewan Perwakilan Rakyat
b. Dewan menteri atau kabinet
c. Dewan Pertimbangan Agung
d. Mahkamah Agung
e. Menteri Luar Negeri
18.
Salah satu asas dalam hubungan internasional adalah kekuasaan negara
mencakup seluruh wilayah negara tersebut. Asas ini disebut....
a. asas kebangsaan
b. asas kepentingan umum
c. asas teritorial
d. asas keterbukaan
e. asas persamaan harkat, martabat dan derajat
19.
Dalam hubungan internasional, dikenal adanya asas yang didasarkan pada
wewenang negara untuk melindung dan mengatur kepentingan dalam
kehidupan bermasyarakat, yaitu....
a. asas teritorial
b. asas kepentingan umum
c. asas kebangsaan
d. asas keterbukaan
e. asas persamaan derajat
20.
Apabila di suatu negara terjadi pergantian pemerintahan, maka
pemerintah yang baru terhadap perjanjian yang telah dibuat pemerintah
sebelumnya adalah....
a. otomatis batal
b. perlu ditinjau ulang
c. perlu penyesuaian
d. tetap terikat
e. diberikan kebebasan
21. Yang bukan subyek subyek hukum dalam perjanjian internasional adalah....
a. negara berdaulat
b. organisasi internasional
c. manusia pribadi
d. tahta suci vatikan
e. organisasi politik
22. Di bawah ini yang tidak termasuk sumber hukum internasional yaitu....
a. perjanjian internasional
b. yurisprudensi internasional
c. organisasi internasional
d. kebiasaan internasional
e. doktrin atau pendapat ahli hukum terkemuka
23. Pihak-pihak yang dapat dibebani hak dan kewajiban yang diatur oleh hukum hukum disebut dengan....
a. subyek hukum
b. obyek hukum
c. sumber hukum
d. pelaku hukum
e. praktisi hukum
24. Istilah hukum internasional lahir sejak masa romawi yaitu....
a. volkern recht
b. droitdes gens
c. law of nation atau international law
d. body of law
e. international custom
25.
Intervensi adalah tindakan suatu negara unutk mencampuri urusan negara
lain. Intervensi bertentangan dengan hukum internasional bila....
a. campur tangan tersebut bertentangan dengan kehendak negara yang dicampuri
b. campur tangan dilakukan dengan kekerasan
c. campur tangan merugikan negara lain
d. campur tangan menyebabkan terjadinya perang saudara
e. PBB tidak menyetujui kegiatan tersebut
26.
Suaka adalah perlindungan yang diberikan oleh suatu negara kepada warga
negara dari negara lain. Pemberia suaka didasarkan pertimbangan
politik, misalnya....
a. adanya ancaman karena kegiatannya bertentangan dengan kehendak penguasa
b. tidak adanya rasa aman disuatu tempat
c. tidak diperbolehkan mendirikan partai politik
d. karena mempunyai lawan politik
e. melakukan perbuatan yang merugikan negara
27.
Bila dalam memutuskan suatu perkara secara normatif tidak ditemukan
dalam perjanjian internasional, kebiasaan internasional, dan keputusan
pengadilan sebelumnya atau yurisprudensi, maka hakim dapat menggali dari
....
a. pendapat ahli hukum terkemuka dalam bidang atau masalah yang berhubungan dengan perkara di negara yang bersangkutan
b. pendapat ahli hukum terkemuka dunia tersebut dan diterima oleh masyarakat internasional
c. norma-norma yang dijunjung oleh masyarakat setempat
d. piagam organisasi internasional
e. piagam atau konvensi perserikatan bangsa-bangsa
28. Perjanjian-perjanjian yang harus mendapat persetujuan DPR adalah perjanjian yang tidak mengandung materi ....
a. soal-soal politik
b. soal-soal perdagangan
c. perubahan wilayah atau batas
d. soal yang menyangkut pinjaman uang dari negara lain
e. dapat menimbulkan akibat luas dan mendasar bagi kehidupan rakyat
29.
Berikut ini bukan merupakan cara yang dilakukan oleh suatu negara untuk
menyelesaikan sengketa internasional dengan negara lain, yaitu ....
a. arbitrasi
b. konsiliasi
c. intervensi
d. mediasi
e. negosiasi
30. perjanjian internasional yang memerlukan persetujuan parlemen yaitu ....
a. perjanjian internasional yang isinya menuntut perubahan perundang-undangan
nasional
b. perjanjian internasional yang isinya mengakibatkan perubahan atas status
wilayang negara
c. perjanjian internasional yang isinya mengakibatkan hak-hak sipil warga negara
d. perjanjian internasional yang isinya mangakibatkan penambahan beban keuangan negara
e. perjanjian self-executing dan non self-exsecuting
31. Perwakilan suatu negara di negara lain pada umumnya dipimpin oleh....
a. konsul jenderal
b. duta kehormatan
c. menteri residen
d. duta besar
e. konsul
32. Law making treaties merupakan suatu bentuk perjanjian internasional yang bersifat....
a. terbuka
b. tertutup
c. mengikat
d. terbatas
e. memaksa
33. Perjanjian internasional mulai berlaku dan mengikat setelah....
a. perundingan
b. ditandatangani
c. disetujui parlemen
d. diratifikasi
e. di undangkan
34. Konvensi hukum laut internasional yang ditandatangani tahun 1982 termasuk
Kategori ....
a. perjanjian bilateral
b. perjanjian unilateral
c. perjanjian antarnegara
d. treaty contract
e. law making treaties
35. Berikut ini yang bukan istilah perjanjian yang dipakai dalam perjanjian internasional yaitu....
a. traktat ( treaty )
b. parlemen
c. deklarasi ( declaration )
d. perjanjian ( agreement )
e. adanya kesepakatan bersama ( convention )
36. Bumber masalah konflik yang dianggap penyebab ketidakstabilan di kawasan Timur tengah adalah ....
a. masalah terorisme
b. perebutan ladang minyak
c. konflik irak-iran
d. konflik arab dan non arab
e. konflik palestina-israel
37. Setiap perjanjian dan persetujuan internasional oleh anggota PBB sesudah piagam
Ini berlaku harus secepatnya didaftarkan dan diumumkan oleh ....
a. mahkamah internasional
b. dewan keamanan
c. bank dunia
d. majelis umum
e. sekertaris jendral
38. Asas saling menghormati dan sailing menjaga kehormatan negara merupakan isi
asas hubungan internasional yaitu ....
a. pacta sunt servanda
b. egality rights
c. reciprositas
d. courtesy
e. rebus sig stantibus
39. Ditinjau dari sege fungsinya, perjanjian internasional dapat dibedakan menjadi
dua, yaitu ....
a. perjanjian bersifat politis dan perjanjian ekonimis
b. perjanjian bersifat penting dan perjanjian bersifat ekonomis
c. perjanjian bersifat penting dan perjanjian besifat sederhana
d. perjanjian membentuk hukum dan perjanjian yang bersifat khusus atau kontrak
e. perjanjian diadakan oleh kedua megara dan perjanjian yang dilakukan lebih dari dua negara
40. Menurut isinya, perjanjian internasional dapat dibagi menjadi ....
a. perjanjian bersifat politis dan perjanjian ekonomis
b. perjanjian bersifat penting dan perjanjian bersifat ekonomis
c. perjanjian bersifat penting dan bersifat sederhana
d. perjanjian bersifat membentuk hukum dan perjanjian yang bersifat khusus
atau kontrak
e. perjanjian diadakan oleh dua negara dan perjanjian yang dilakukan oleh lebih
dari dua negara
41. Untuk membantu para pengungsi PBB memberikan bantuan melalui....
a. UNESCO
b. UNICEP
c. ECOSOC
d. WHO
e. UNHCR
42. Lembaga PBB dengan jumlah anggota terbanyak karena setiap negara menem
patkan wakilnya adalah....
a. Dewan Ekonomi Sosia
b. Majelis Umum PBB
c. Mahkamah Internasional
d. Dewan Perwalian
e. Dewan Keamanan
43. Sikap positif seorang warga negara terhadap usaha pemerintah yang berusaha me
ningkatkan kerjasama internasional adalah ....
a. mengikuti perkembangan
b. tidak peduli karena bukan urusannya
c. mendukung dan selalu mengkritisi agar tidak terjadi penyimpangan dalam pe
laksanaannya
d. membiarkan terjadi seperti adanya
e. mendukung sepenuhnya tanpa harus mengkritisi karena pemerintah lebih tahu
permasalahannya
44. Sebagai alat yang menghubungkan antar kepentingan negara pengutus dengan ne
gara penerima merupakan fungsi diplomatik sebagai....
a. perwakilan dalam arti politik
b. lambang prestise nasional
c. perwakilan yuridis yang khusus
d. perwakilan diplomatik khusus
e. perwakilan dalamarti non politik
45. Salah satu alasan pentingnya perjanjian internasional dalam melakukan hubungan
dengan negara lain adalah untuk....
a. lebih menjamin adanya kepastian hukum
b. meningkatkan kerja sama dalam bidang politik
c. menumbuhkan kesungguhan dari masing-masing negara
d. mewujudkan tatanan dunia yang legal
e. menghormati kedaulatan masing-masing negara
46. Perjanjian Republik Indonesia dengan Republik Rakyat Cina mengenai kewargane
garaan tahun 1954, termasuk klasifikasi....
a. perjanjian multilateral
b. perjanjian bilateral
c. perjanjian antar negara
d. law making treataty
e. law making contract
47. Perwakilaqn diplomatik yang mempunyai kekuasaan setingkat di bawah duta
besar adalah....
a. konsul jenderal
b. atase-atase
c. menteri resesiden
d. doyen
e. duta
48. Setiap hubungan internasional di dalamnya terkandung komponen-komponen.
Yang tidak termasuk komponen-komponen tersebut yaitu....
a. politik internasional
b. organisasi regional
c. studi tentang peristiwa internasional
d. organisasi administerasi internasional
e. hukum internasional
49.
Perwakilan diplomati yang menelaah dengan teliti setiap kejadian di
negara di mana ia di tempatkan disebut dengan tugas....
a. observaqsi
b. persahabatan
c. negosiasi
d. proteksi
e. representatif
50.
Seorang diplomat yang berusaha melindungi harta benda pribadi atau
kepentingan-kepentingan warga negara yang tinggal di negara di mana ia
ditugaskan berarti telah melakukan tugas....
a. representatif
b. proteksi
c. negosiasi
d. persahabatan
e. observasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar